Jakarta, Aktual.co — Mantan juara Formula 1, Luca di Montezemolo, mengungkapkan bahwa, Fernando Alonso akan meninggalkan Ferrari pada akhir musim ini, karena ia menginginkan lingkungan baru dan ingin menang lagi.

Ferrari belum mengumumkan Alonso akan meninggalkan mereka, tapi hal ini kelihatan bisa jadi merupakan hal benar, seperti apa yang dilakukan juara dunia empat kali Sebastian Vettel yang mengumumkan ia akan meninggalkan Red Bull akhir tahun ini.

Vettel belum menyatakan kemana ia akan pergi tapi ketua Red Bull Christian Horner mengatakan pebalap Jerman itu akan pindah ke tim Maranello.

“Fernando akan meninggalkan timnya dengan dua alasan,” kata Montezemolo dalam wawancara dengan stasiun televisi Italia, RAI, Kamis (16/10).

“Pertama karena ia ingin mencari suasa lain dalam lingkungannya dan kedua karena ia sudah memasuki usia dimana ia tidak akan dapat menang lagi,” katanya.

“Ia kecewa tidak meraih gelar dalam beberapa tahun ini sehingga ia berusaha mencari tantangan baru,” katanya.

Montezemolo meninggalkan Ferrari, Senin, dan menyerahkan pekerjaannya kepada bos perusahaan FIAT, Sergio Marchionne.

Alonso, juara dunia ganda bersama Renault, bergabung dengan Ferrari pda 2010 dan berada di posisi runner-up pada tiga dari empat tahun kejuaraan terakhir.

Ferrari belum memenangi perlombaan lebih dari setahun ini dan saat ini berada di urutan keempat klasemen dan bisa jadi akan menjadi tahun pertama tanpa kemenangan sejak 1993.

Pebalap berusia 33 tahun dari Spanyol itu diharapkan kembali ke McLaren, tim yang ditinggalkannya setelah setahun penuh mendukungnya pada 2007 bersama rekan setimnya Lewis Hamilton.

Alonso mengatakan kepada media di Rusia Grand Prix minggu lalu, tim pilihannya akan segera diumumkan tapi kelihatannya ia tidak akan bergabung dengan tim yang dipasok mesin Mercedes.

Ia menambahkan, ia juga tidak perduli bila tidak ikut berlomba di kancah persaingan F1 pada tahun depan.

Mantan juara McLaren akan memulai mitra kerja mereka denga Honda mulai musim depan.

Kembalinya Alonso ke Woking menimbulkan pertanyaan besar atas masa depan Jenson Button di Formula Satu, karena juara dunia 2009 itu akan habis kontraknya akhir tahun ini.

Pebalap berusia 34 tahun dari Inggris itu mengatakan kepada media di Sochi minggu lalu bahwa ia santai saja mengenai masa depannya.

“Saya tidak lagi terganggu, seperti ketika orang selalu menanyai saya,” katanya, “Saya tersinggung pada lomba terakhir, tapi saya amat santai menghadapi masa depan saya. Akhir musim akan tiba dan rasanya semakin menyenangkan.

“Saya tidak khawatir dan tidak takut tentang arah masa depan saya,” ujarnya.

()

()