Beranda Nasional MSBI Sebut Dokumen Panpel dengan Pihak Keamanan Bisa Jelaskan Soal Gas Air...

MSBI Sebut Dokumen Panpel dengan Pihak Keamanan Bisa Jelaskan Soal Gas Air Mata

Jakarta, aktual.com – Ketua Umum Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI), Sarman El Hakim menyebut dokumen kesepakatan kerja antara pihak penyelenggara dengan pihak keamanan dapat menjadi alat untuk mengungkap siapa pihak yang paling bertanggungjawab dalam tragedi Kanjuruhan.

“Untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab, bukalah perjanjian antara pihak penyelenggara dan pihak keamanan. (Dari) dokumen kesepakatan kerja itu, akan diketahui siapa yang bersalah,” ucapnya dalam Dialog Aktual yang bertajuk “Siapa Harus Bertanggungjawab dalam Tragedi Kanjuruhan?” yang berlangsung Selasa (4/10) sore.

Dengan melihat dokumen perjanjian, maka akan diketahui apakah pihak penyelenggara meminta aparat untuk membawa gas air mata atau tidak. Jika tidak membawa, maka kesalahan ada di pihak kepolisian.

“Apakah dari penyelenggara meminta ke pihak keamanan membawa gas air mata atau senjata tajam. Apabila tidak ada, berarti yang bersalah pihak kepolisian,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya pada Sabtu (1/10) kemarin, terjadi kericuhan usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 2-3, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Kekalahan itu menyebabkan sejumlah suporter turun dan masuk ke dalam area lapangan.

Kerusuhan tersebut semakin membesar dengan sejumlah flare yang dilemparkan, termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter tersebut dan pada akhirnya menggunakan gas air mata. (ZUL/ MJ)

(Megel Jekson)