Jakarta, aktual.com – Para pengunjung Lebaran Betawi 2019 dapat dengan mudah menunaikan shalat di lokasi acara, karena panitia penyelenggara telah menyiapkan beberapa mushala temporer.

Mushala-mushala temporer itu terbuat dari tenda, dan ditempatkan di dekat gerai Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Untuk berwudhu, panitia menyiapkan mobil tangki milik PAM Jaya sebanyak tiga buah.

“Alhamdulillah ada tenda ini. Jadi meskipun mushola jauh dari sini, kami tetap mudah untuk sholat,” kata salah seorang pengunjung, Ikha, saat ditemui setelah shalat dzuhur, Sabtu (20/7).

​​​​Pengunjung lain, Ridwan, mengapresiasi kesigapan panitia untuk menyiapkan tempat sholat. Apalagi, menurut dia, mayoritas pengunjung adalah umat Muslim yang harus menunaikan shalat.

Untuk menyejukkan tenda, panitia meletakkan AC portable di bagian sudut. Sedangkan bagian bawah dilapisi dengan karpet hijau.

Panitia tidak menyiapkan tempat penitipan alas kaki. Namun sejauh ini, tidak ada kejadian kehilangan sepatu dari para pengunjung yang menunaikan shalat.

Lebaran Betawi adalah acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antarwarga Jakarta yang kental dengan nuansa Betawi setelah Idul Fitri. Acara ini akan berlangsung selama dua hari sampai Minggu (21/7).

Ant.

(Zaenal Arifin)