“Karena dengan cara itulah kita akan bisa membuat meningkatnya permintaan terhadap produk, barang serta jasa yang diproduksi di dalam negeri sehingga industri dan usaha dalam negeri akan tumbuh dan berkembang,” katanya.

Dengan begitu, kata dia, cepat atau lambat perluasan usaha akan terjadi dan permintaan akan tenaga kerja meningkat, pengangguran menurun dan pendapatan masyarakat membaik sehingga tingkat dan angka kemiskinan bisa berkurang.

“Ini penting kita lakukan karena kalau industri dan usaha dalam negeri bermasalah maka angka dan tingkat pengangguran dan kemiskinan serta kriminalitas tentu jelas akan meningkat dan itu jelas tidak kita inginkan,” kata dia.

Dia mengatakan perlu keberanian pemerintah mengoreksi keadaan yang ada saat ini. Masyarakat juga harus menyikapi positif terhadap produk dan jasa dalam negeri.

“Jelas sangat dituntut karena kalau fenomena rontoknya industri dan usaha dalam negeri ini terus berlarut-larut maka Indonesia jelas akan terseret ke dalam krisis ekonomi yang lebih dalam dan kita jelas tidak mau hal itu terjadi,” kata dia.

(Abdul Hamid)