Riau, Aktual.com – Kepala Seksi Urusan Haji Kementerian Agama Kota Dumai Zakaria menyatakan mulai tahun ini calon jamaah haji dari Kepulauan Riau tidak lagi diberangkatkan dari Embarkasi Batam melainkan di Embarkasi Kota Pekanbaru.

“Mulai tahun ini pelaksanaan haji Dumai tidak lagi ke Embarkasi Batam, karena Riau sudah punya embarkasi antara di Kota Pekanbaru,” kata Zakaria, Jumat (13/1).

Pemindahan embarkasi ini sudah dikoordinasikan dengan panitia haji Kemenag Riau, Pemerintah Provinsi Riau, Kemenag Dumai dan Pemkot Dumai terkait teknis persiapan dan pelaksanaan.

Diungkapkan, calon jamaah haji asal Dumai sebelumnya berangkat ke Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau menumpangi jasa kapal feri ke Pelabuhan Sekupang Batam, namun nanti akan diantar ke Kota Pekanbaru dengan armada bus.

Karena embarkasi berubah, maka jumlah panitia haji, baik dari Kemenag maupun pemerintah daerah akan mengalami pengurangan. Misalnya petugas pembimbing dan tim kesehatan.

Pada pemberangkatan tahun 2017, Dumai sudah mendapat kuota sementara dari Kementerian Agama yaitu sebanyak 167 porsi. Namun diprediksi saat penetapan final Februari nanti akan naik karena secara nasional meningkat.

Panitia tetap memprioritaskan calon jamaah yang belum berhaji dan tertunda berangkat pada tahun 2016 lalu karena alasan sakit dan lain sebagainya.

“Kuota sementara 167 porsi, dan sebagai perbandingan pada 2016 jamaah kita berjumlah 214 orang. Mudah-mudahan tahun ini meningkat,” jelas Zakaria.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Ahmad Supardi mengatakan, jika Embarkasi Kota Pekanbaru telah beroperasi maka akan menghemat biaya calon jamaah haji hingga puluhan miliar rupiah.

“Diberlakukannya embarkasi Pekanbaru akan menghemat biaya calon jemaah haji hingga total mencapai Rp25 miliar,” demikian Supardi. (Antara)

()