Jakarta, Aktual.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur menyarankan para nelayan di wilayah itu tidak melaut, karena cuaca diperkiraan tidak bersahabat dalam beberapa hari kedepan.

“Menurut prakiraan, angin kencang dan gelombang besar berpotensi terjadi mulai 29 hingga 30 Januari 2018 ini,” ujar Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono.

Dalam keterangan persnya yang di Pamekasan, Minggu sore, Budi menjelaskan, akan terjadi peningkatan ketinggian gelombang di laut Jawa antara 3,5 hingga 4 meter.

“Kalau di Pamekasan yang masuk laut Jawa ini kan laut di wilayah utara Pamekasan. Jadi kami manyarahkan agar nelayan disana sebaiknya tidak melaut, untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Budi.

Sedangkan untuk selat Madura, perkiraan ketinggian gelombang dalam dua hari kedepan, antara 2 hingga 2,5 meter.

Menurut Budi Cahyono, perkiraan cuaca buruk ini, berdasarkan prakiraan yang disampaikan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisikan Maritim Surabaya.

“Atas prakiraan BMKG yang disampaikan kepada BPBD Pemkab Pamekasan ini, maka kami selanjutnya meneruskan informasi ini kepada para nelayan di Pamekasan,” tuturnya.

ant

(Nebby)