Beranda Internasional Nilai Saham Turkish Airlines Berhasil Lampaui Lufthansa

Nilai Saham Turkish Airlines Berhasil Lampaui Lufthansa

Turkish Airlines (AFP)

Istanbul, aktual.com – Nilai pasar Turkish Airlines mencapai USD 10,26 miliar melebihi nilai maskapai penerbangan Jerman Lufthansa sekitar USD 9,73 miliar. Tercatat per 5 Desember kemarin, harga saham maskapai penerbangan Turki tersebut bernilai USD 7,43. Padahal di sisi lain, harga saham Lufthansa juga melonjak 25,7 persen dari awal tahun ini.

Sebagai informasi, Turkish Airlines dengan cepat mengatasi dampak keuangan negatif dari pandemi Covid-19 dan meningkatkan keuntungannya dengan sangat besar pada 202. Sementara itu, pemulihan yang dialami maskapai Lufthansa pasca-pandemi justru tidaklah mudah.

Dikutip dari Anadolu Agency, pada kuartal ketiga tahun ini, total pendapatan Turkish Airlines sebesar USD 6,1 miliar. Nilai itu meningkat 52 persen dari total pendapatannya pada tahun 2019. Meskipun pada saat yang sama, pendapatan kargo udara juga melonjak sebesar 110 persen menjadi sekitar USD 880 juta. Laba bersih perusahaan akhirnya berjumlah USD 1,5 miliar.

Sementara itu, pandemi memang menyebabkan krisis besar bagi industri penerbangan global. Seperti halnya Eurowings, Swiss, Brussels, dan Austrian Airlines, maskapai Lufthansa Group juga mengalami kebangkrutan.

Pemerintah Swiss, Austria dan Belgia, dan terutama pemerintah Jerman, menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan dengan memberikan paket dana talangan atau bailout EUR 9 miliar pada 2020. Akibat penurunan permintaan penumpang di masa pandemi, dan maskapai sulit menghimpun dana melalui penambahan modal.

Dengan pulihnya permintaan penumpang, Lufthansa Group berhasil mengumpulkan EUR 2,14 miliar pada Oktober 2020 untuk membayar kembali sebagian dari paket bantuan publik.

(Megel Jekson)