Ilustrasi- Pekerja mengemas buah manggis siap ekspor

Mataram, Aktual.com – Dinas Perdagangan Nusa Tenggara Barat menyatakan PT Bintang Agro Sentosa selaku eksportir buah di NTB mengirim 800 kilogram manggis dan 200 kilogram rambutan sesuai pesanan mitra bisnis di Dubai, Uni Emirat Arab.

“Pengiriman buah segar senilai 4.072,6 dollar Amerika Serikat tersebut sudah dilakukan oleh eksportir pada Jumat (21/1),” kata Kepala Dinas Perdagangan NTB Baiq Nelly Yuniarti¬†di Mataram, Sabtu (21/1).

Ia mengatakan ekspor manggis dan rambutan dari NTB ke Dubai merupakan yang pertama kali. Sebelumnya, PT Bintang Agro Sentosa mengekspor buah tersebut ke China pada 2022.

Buah segar yang dibeli dari petani di Kabupaten Lombok Barat tersebut terlebih dahulu disortir dan dikemas dengan bagus sebelum dikirim ke negara tujuan.

Nelly menambahkan eksportir juga sudah menggunakan surat keterangan asal (SKA) agar buah segar tersebut tetap atas nama NTB karena terkait identitas produk di luar negeri.

“Kami juga menyampaikan kepada eksportir agar apabila ada kemungkinan permintaan terhadap produk NTB yang lain juga pakai SKA NTB karena dengan adanya ekspor ini membuka pintu masuk ke Dubai,” ujarnya.

Menurut dia, peluang produk NTB lainnya untuk diekspor ke Dubai terbuka. Apalagi ada penerbangan langsung dari Bali ke Dubai.

“Pengiriman barang akan dilakukan menggunakan kargo pesawat udara dan memanfaatkan fasilitas penerbitan dokumen SKA dari Dinas Perdagangan NTB,” ucap dia.

Data Dinas Pertanian Potensi lahan pengembangan manggis di Kabupaten Lombok Barat mencapai 250 hektare. Tanaman hortikultura itu tersebar di Kecamatan Lingsar, Narmada, dan Gunungsari.

Manggis ditanam oleh masyarakat Lombok Barat di pekarangan, kebun penduduk, objek wisata dan di tempat ibadah seperti masjid dan pura.

Selain dikirim ke beberapa negara oleh para eksportir dari NTB dan luar daerah, manggis petani Kabupaten Lombok Barat juga dipasarkan ke sejumlah kabupaten/kota di NTB, seperti Lombok Timur dan Sumbawa.

(Arie Saputra)