Jakarta, Aktual.com – Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur dipadati puluhan ribu masyarakat, Sabtu (7/5) malam. Mereka datang untuk mengikuti pembukaan Nusantara Mengaji yang dibuka penggagasnya, Abdul Muhaimin Iskandar atau lebih akrab dipanggil Cak Imin.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan ini, Cak Imin, panggilan akrabnya, mengapresiasi kehadiran warga Jember dan seluruh panitia Kornas Nusantara Mengaji yang telah bekerja sekuat tenaga itu.

“Semua kerja kita tidak sia-sia, karena partisipasi masyarakat saat kita ajak membaca dan mengkhatamkan Al Quran sangat tinggi,” ujar dia saat membuka acara, seperti keterangan yang diterima Aktual.com, Sabtu (7/5).

Kata Cak Imin, panitia mencatat total khatam Quran sudah mencapai 325 ribu di seluruh Indonesia, melebihi target 300 ribu.

Yang lebih membanggakan, provinsi yang awalnya pesimis bisa mencapai target, justru melebihi kuota. Seperti di Papua. “Itu semua karena kesucian Al Quran. Begitu mereka kita ajak membaca Al Quran hatinya bergetar,” klaim dia.

Dia berharap, begitu lantunan ayat suci Al Quran dibacakan secara serentak, maka pintu-pintu langit akan terbuka. “Sehingga semua doa-doa yang disampaikan untuk kebaikan bangsa ini bakal tercapai,” yakin dia.

Untuk itu, dia menyarankan kepada semua peserta, jangan takut bagi mereka yang membaca Al Qurannya masih terbata-bata, karena waktu atau durasi untuk mengkhatamkan Al Quran cukup panjang, yakni selama 24 jam.

Dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mengkhatamkan Al Quran tersebut. “Terimakasih tak terhingga kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah berpartisipasi (di Nusantara Mengaji),” ujar Imin.

()