Jember, Aktual.com – Pagi gebyar angklung pecahkan rekor MURI, malam orkestra keroncong in hospital, Rabu (16/11). Masyarakat Jember, benar-benar dihibur dan perekonomian masyarakat melalui UMKM digerakkan.

Orkestra Keroncong In Hospital 2022 ini, digelar se Jawa Bali yang akan dimulai pada pukul 18.00 WIB di Alun-alun Jember. Pagelaran Keroncong In Hospital 2022 ini merupakan kali kelimanya digelar. Jika sebelumnya digelar di area rumah sakit di Kabupaten Jember, untuk pertama kalinya Keroncong In Hospital ini digelar di tempat terbuka.

Seperti yang pagelaran ke 4 pada tahun 2021 lalu, dimana festival Keroncong In Hospital ini digelar di Convention Hall Letkol. RM. Soebandi Universitas dr. Soebandi, mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Sedangkan tahun ini digelar di alun-alun Jember, diharapkan bisa mengangkat perekonomian masyasrakat juga sekaligus menjadi hiburan setelah 2 tahun didera pandemi Covid-19.

“Musik keroncong merupakan aset Indonesia yang harus dilestarikan, dan kami sangat bangga dengan anak-anak muda yang kreatif, dimana bisa menampilkan musik keroncong menjadi kekinian tanpa instrumen musik keroncong itu sendiri, melestarikan musik keroncong wujud dari hati yang cinta tanah air,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto kala itu.

Selain melestarikan musik khas Indonesia, kegiatan semacam ini juga menularkan efek yang positif, dimana bisa memompa sepirit berkreasi dalam musik. Event ini sekaligus menunjukkan kepada dunia, bahwa Jember kaya terhadap talenta kreatif, termasuk di dunia seni keroncong.

“Saya mengapresiasi sekali dan bangga dengan kegiatan semacam ini. Efek yang ditularkan akan memompa spirit berkreasi dalam musik dan seni ke segala penjuru. Meyakinkan pula, bahwa Jember gudangnya musik dan seni,“ paparnya menambahkan.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)