Jakarta, aktual.com – Pangeran Charles menyampaikan penghormatan yang ditujukan kepada ibunya, Ratu Elizabeth, saat gelaran konser Platinum Jubilee pada Sabtu (4/6) waktu setempat dengan menyanjungkan pencapaian yang telah dibuat oleh sang Ratu.

Charles memberi pujian kepada Ratu Elizabeth karena menyatukan bangsa dan terus membuat sejarah selama 70 tahun pemerintahannya.

“Anda telah berkomitmen untuk mengabdikan diri seumur hidup dan terus mengabdi. Itulah mengapa kami ada di sini,” kata Charles di hadapan penonton, dikutip dari Reuters pada Minggu (5/6).

Charles muncul di atas panggung konser itu yang merupakan bagian dari perayaan Platinum Jubilee. Acara dibuka dengan sebuah video yang menampilkan Ratu Elizabeth duduk dan minum teh bersama Paddington Bear. Namun sang Ratu sendiri tidak hadir di acara tersebut karena “masalah mobilitas episodik”.

“Ayah juga akan menikmati pertunjukan ini dan bergabung dengan kami dengan sepenuh hati untuk merayakan pengabdian Anda untuk negara dan rakyat. Anda terus membuat sejarah,” kata Charles lagi, sambil mengenang ayahnya, Pangeran Philip, yang meninggal pada tahun lalu.

Elizabeth naik takhta pada usia 25 tahun setelah kematian ayahnya, George VI, pada tahun 1952. Ia mewarisi kekuasaan atas Inggris yang masih berusaha bangkit dari kehancuran Perang Dunia II, bersama dengan Winston Churchill sebagai perdana menteri.

Ketika Charles menyampaikan pidato penghormatannya, foto-foto Ratu Elizabeth diproyeksikan di dinding istana. Foto tersebut termasuk saat Ratu Elizabeth naik kereta dengan mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela pada 1996 dan saat ia menjabat tangan Martin McGuinness pada 2012, mantan pemimpin Tentara Republik Irlandia Sementara (IRA) yang kemudian menjadi wakil menteri pertama Irlandia Utara.

Perayaan Platinum Jubilee berlangsung selama empat hari, dimulai pada Kamis (2/6) dengan parade militer dan flypast Angkatan Udara Kerajaan, serta acara Thanksgiving pada Jumat (3/6).

Konser yang berlangsung pada Sabtu (4/6) di Istana Buckingham juga turut dimeriahkan oleh para bintang populer termasuk band Queen dengan vokalis Adam Lambert, Andrea Bocelli, Alicia Keys, dan Diana Ross.

Hari Minggu akan menandai hari terakhir perayaan Platinum Jubilee, yang juga akan dimeriahkan sejumlah penampil termasuk penyanyi Ed Sheeran dan parade angkatan bersenjata.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)