Beranda Nasional Hukum Panggil Jajaran Polri ke Istana, Sahabat Polisi Sebut Presiden Tegaskan Dukungan untuk...

Panggil Jajaran Polri ke Istana, Sahabat Polisi Sebut Presiden Tegaskan Dukungan untuk Kapolri Sigit

Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh bersama Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen (Pol) Ahmad Ramadhan (IST)

Jakarta, aktual.com – Sahabat Polisi Indonesia menganggap pemanggilan Kapolri berikut seluruh jajaran Kapolda dan Kapolres ke Istana sebagai bentuk penegasan dukungan Presiden Joko Widodo kepada Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. Menurut Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh, dukungan Presiden Jokowi tersebut akan membuat Kapolri lebih tegas dalam melakukan reformasi atas institusinya.

“Bagi Sahabat Polisi Indonesia, tindakan Presiden Joko Widodo adalah bentuk dukungan kepada Kapolri Sigit dan upaya untuk melakukan reformasi kepolisian. Mulai saat ini, Pak Kapolri harus semakin tegas dan serius melakukan reformasi Polri,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/10) kemarin.

Fonda pun setuju dengan himbauan Presiden Joko Widodo agar seluruh anggota Kepolisian tidak menampilkan gaya hidup yang bermewah-mewahan. Pasalnya di tengah situasi ekonomi yang belum pulih serta kondisi hidup sebagian besar masyarakat yang belum membaik, gaya hidup mewah tentu hanya akan membangun kecemburuan sosial.

“Kami juga mendukung peringatan dan himbauan Presiden Jokowi untuk hidup sederhana. Sebab, sudah bukan waktunya lagi bila petinggi Kepolisian menampilkan kehidupan yang bermewah-mewahan. Selain tidak pantas, tindakan tersebut justru membangun kecemburuan  sosial,” kata Presiden.

Fonda pun memuji sikap Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang mampu mengatasi persoalan meski ujian permasalahan terus menimpa institusi Polri. Mantan aktivis mahasiswa tersebut bahkan menganggap Kapolri Sigit punya keberanian yang tinggi lantaran memberhentikan sejumlah anggota kepolisian yang bermasalah dan melanggar hukum.

(Megel Jekson)