Yerusalem, aktual.com – Iran sudah cukup mengumpulkan bahan nuklir yang diperkaya untuk membuat empat bom, menurut panglima militer Israel.

“Iran saat ini cukup memiliki bahan yang diperkaya untuk menghasilkan empat bom nuklir, tiga bom dengan 20 persen dan satu lagi 60 persen,” kata panglima Jenderal Aviv Kochavi kepada awak media, seperti dilaporkan Organisasi Penyiaran Publik Israel KAN, Jumat (13/1).

Dia menambahkan bahwa militer Israel dalam setahun terakhir mempersiapkan tiga program untuk meluncurkan serangan di Iran sebagai aksi balasan, tidak terkait dengan program nuklir, guna menghancurkan fasilitas-fasilitas yang mendukung proyek nuklir tersebut.

“Jika terjadi pertempuran besar-besaran, lokasi militer dan lokasi lainnya akan dimasukkan ke daftar target,” katanya.

“Kami ikut mempercepat persiapan penyerangan fasilitas nuklir Iran dalam beberapa tahun belakangan dan banyak jenis target lainnya.”

Kochavi juga mengungkapkan bahwa ada ribuan target Hizbullah di Lebanon, mulai dari gudang senjata bawah tanah sampai rumah-rumah tempat persembunyian rudal.

Masa jabatan Kochavi sebagai panglima militer akan segera berakhir. Dia akan digantikan oleh Mayor Jenderal Herzi Halevi pada 16 Januari.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)