Jakarta, Aktual.co — Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menegaskan pergantian Komandan paspamres yang sekarang dijabat oleh Mayjen Andika Perkasa resmi tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi.
“Pergantian ini keputusan panglima TNI, jadi jangan dipertanyakan lagi,” ujarnya usai sertijab Danpaspampres di Mako Paspampres, Jl Tanah Abang 2, Jakpus, Rabu (22/10).
Moeldoko kembali menyatakan dengan tegas bahwa tidak ada lagi diskursus dalam pergantian tersebut. 
Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, pengangkatan Mayjen TNI Andika Perkasa sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) merupakan permintaan presiden terpilih, Joko Widodo.
“Iya keinginan langsung (Jokowi). Dasarnya adalah konsultasi antara Panglima dengan Presiden terpilih,” kata Panglima TNI, beberapa waktu lalu.
Pemilihan Andika sebagai Danpaspampres dinilai wajar dalam struktur TNI. Dalam tradisi pengangkatan Danpaspamres, Panglima pastinya berkonsultasi dengan Presiden yang terpilih.
“Oleh sebab itu, pengangkatan Andika dinilainya wajar,” ujarnya.
Panglima TNI menambahkan, pada pemerintahan baru tidak ada perubahan protokol pengamanan.
“Nggak ada perubahan, standar pengamanan kita sudah pasti. Kita punya rencana operasi pengamanan VVIP, itu standar. Sedikitpun tidak boleh dikurangi,” kata Panglima TNI.

()