Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa

Jakarta, Aktual.com – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan bahwa pengadaan yang dilakukan di lingkungan TNI harus sesuai dengan kebutuhan tugas operasi, termasuk untuk operasi perdamaian dunia.

“Saya ingin dana reimbursement dari UN Peacekeeping Operation benar-benar digunakan sesuai kebutuhan dan peruntukannya, tidak ada pengadaan lain di luar kebutuhan operasi,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa lewat kanal YouTube resminya yang dipantau di Jakarta, Minggu (4/9).

Jenderal Andika Perkasa beserta jajaran telah melakukan inspeksi mendadak ke Badan Perbekalan TNI untuk meninjau langsung kondisi berbagai logistik peralatan dan perbekalan yang ada.

Inspeksi mendadak itu dilakukan Panglima TNI dengan meninjau langsung beberapa gudang yang berisi peralatan dan perbekalan untuk kebutuhan operasi yang digelar Mabes TNI.

Sidak tersebut dilakukan mulai dari mengunjungi gudang makanan hingga gudang peralatan suku cadang kendaraan yang digunakan dalam operasi perdamaian dunia.

Panglima TNI pada kesempatan itu menyoroti beberapa barang yang ada di gudang peralatan yang ternyata tidak sesuai kebutuhan operasi, namun pengadaannya menggunakan dana reimbursement dari PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa).

Jenderal TNI Andika Perkasa pun akan melakukan evaluasi terhadap seluruh pengadaan kebutuhan yang mendukung tugas operasional TNl terutama untuk tugas operasi perdamaian dunia

Hasil evaluasi yang didapat selanjutnya akan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun pengadaan ke depannya agar dapat mendukung secara maksimal seluruh tugas operasi yang digelar di bawah Markas Besar Tentara Nasional Indonesia.

(Arie Saputra)