Manokwari, Aktual.com – Pemerintah Papua Barat saat ini tengah menjajaki kerja sama sektor ekonomi dengan DKI Jakarta terkait pemenuhan kebutuhan komoditas pangan antar daerah khusus.

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Melkias Werinussa di Manokwari, Senin (7/11), mengatakan target kerja sama pemerintah Papua Barat fokus kepada daerah khusus seperti DKI Jakarta.

“Kerja sama ini tidak hanya antar provinsi melainkan juga di tingkat kabupaten kota, dengan tujuan memastikan bahwa surplus komoditas ekonomi bisa saling diisi antar daerah,” kata Werinussa.

Disebutkan, kerjasama tersebut bisa dilaksanakan setelah adanya perjanjian yang ditandatangani oleh kedua kepala daerah (Gubernur).

Werinusa mencontohkan, Produk unggul sayuran yang dihasilkan dari pegunungan Arfak bisa langsung disalurkan ke DKI Jakarta untuk pemenuhan kebutuhan akan sayuran di wilayah tersebut.

“Kita punya potensi sayur dari Pegunungan Arfak, kalau kerjasama sudah dilakukan bukan tidak mungkin sayuran kita sampai ke Jakarta,” jelas dia.

Saat ini, Lanjut Werinussa, kerja sama antara bisnis ke bisnis sudah terjadi dengan beberapa daerah diantaranya Makassar dan Surabaya.

Namun, pemerintah provinsi Papua Barat ingin memperluas jangkauan kerjasama bukan hanya sebatas bidang ekonomi saja, tetapi juga pada bidang lain yang menjadi kebutuhan di Papua Barat seperti pendidikan dan kesehatan.

“Kita sudah ada kerja sama bisnis ke bisnis. Namun saya berharap ada kerja sama antar pemerintah dengan pemerintah dan bukan hanya di bidang ekonomi,” tutup dia.

(Warto'i)