Sangihe, Sulut, Aktual.com – Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengharapkan pengusaha membangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk nelayan di wilayahnya.

“Kami mengusulkan kepada pengusaha di Sangihe agar dapat membangun SPBU khusus melayani nelayan,” katanya di Tahuna, Sulut, Senin.

Menurut Bupati, sebagian penduduk Sangihe berprofesi sebagai nelayan sehingga tepat apabila ada SPBU yang khusus melayani para nelayan.

“Sebagian masyarakat Kabupaten Sangihe adalah nelayan sehingga pengusaha sudah bisa melirik untuk melayani mereka melalui pembangunan SPBU,” kata Bupati.

Dia mengakui untuk membangun SPBU harus memiliki izin dari pihak PT Pertamina (Persero), sehingga Pemerintah Kabupaten Sangihe bersedia memberikan pendampingan dalam mengurus dokumen tersebut.

“Kalau dibutuhkan, kami siap mendampingi dalam pengurusan izin pembangunan SPBU bagi nelayan tersebut, yang jelas harus ada pengusaha yang bersedia membangunnya,” kata dia.

Dia mengatakan sampai saat ini sudah ada tiga SPBU di Kota Tahuna, namun belum ada khusus bagi nelayan sehingga perlu ada terobosan dari pengusaha.

“Semua nelayan yang ada di Sangihe perlu mendapat perhatian agar mereka dengan mudah memperoleh bahan bakar saat beraktivitas di laut,” kata dia.(Antara)

(Warto'i)