Medan, Aktual.com – Seorang penerjun saat parade perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tahun, yang digelar di Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (17/8) nyaris terjatuh.

Belum diketahui penyebab pasti insiden itu. Namun dikabarkan, parasut utama penerjun terlepas dan terjatuh di kawasan pertokoan Pasar Ikan Lama, Jalan Rel Kereta Api.

Beruntung, penerjun yang belum diketahui namanya itu berhasil melepaskan parasut cadangan dan akhirnya mendarat selamat.

Ketua tim pencari, Kapten Dedy K dari satuan Yon Kav/6 Serbu Kodam I Bukit Barisan yang dikonfirmasi terkait insiden itu membenarkan parasut yang jatuh itu adalah dari salah seorang penerjun.

“Tidak ada korban, bukan penerjunnya yang jatuh tetapi hanya parasutnya saja, jatuhnya diatas pemukiman pertokoan,” kata Dedy.

Menurut Dedy, dalam setiap kegiatan penerjunan, para penerjun selalu dibekali oleh dua parasut. Satu parasut utama dan satu lagi merupakan parasut cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat melakukan penerjunan.

“Penerjun selalu menyiapkan diri dengan dua parasut, kalau terjadi masalah dengan parasut pertama, maka penerjun masih memiliki parasut cadangan untuk menyelamatkan diri,” tuturnya.

Pengakuan Dedy, dirinya belum mengetahu pasti nama penerjun tersebut. Dedy menyarankan untuk melakukan konfirmasi langsung ke tim penerjun.

“Kalau nama personilnya kita tidak tahu, kalau mau lebih jelas, lebih baik konfirmasi langsung ke tim penerjun, kita di sini hanya ditugaskan untuk melakukan pencarian parasut yang jatuh,” katanya.

Sementara itu, seorang warga Fahry, yang sedang melintas di kawasan Jalan Tel Kereta Api mengaku sempat melihat adanya parasut jatuh.  Fahry menuturkan, penampakan itu terlihat saat dirinya terjebak macet di Kawasan Lapangan Merdeka Medan. Tak ada penerjun saat parasut itu terjatuh.

“Tadi kami terjebak macet di kawasan Lapangan Merdeka, tiba-tiba saya lihat ada benda berwarna hitam jatuh di atas pertokoan Pasar Ikan Lama, saya nggak lihat ada orang. Nggak lama pihak TNI datang, mereka bilang ada parasut jatuh,” katanya.

()