Politisi Senior Partai Demokrat, Darmizal
Politisi Senior Partai Demokrat, Darmizal

Jakarta, Aktual.com – Kondisi Partai Demokrat saat ini dinilai sudah tidak sejalan dengan cita-cita para pendirinya.

Demikian hal ini disampaikan politisi senior dari Partai Demokrat, Darmizal kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon, Minggu (21/2).

Partai berlambang bintang mercy itu dikatakan Darmizal bertujuan untuk mengawal dan menjadi pembuka jalan dari aspirasi semua lapisan masyarakat.

“Sangat tidak sejalan, dulu waktu mendirikan dan mencita-citakannya, Partai Demokrat harus menjadi rumah besar bagi semua orang. Tujuannya untuk menjadi partai yang mengawal aspirasi masyarakat luas. Menjadi partai yang modern, terbuka dan menjadi penyalur aspirasi seluruh masyarakat,” kata Darmizal.

Pola pendekatan yang dilakukan para pendiri untuk meraih simpati masyarakat pun dengan mengandalkan semua DPC dan DPD sebagai ujung tombak perjuangan partai di setiap daerah. Tidak seperti sekarang yang dinilai banyak pihak, amburadul dan serampangan.

“Karena mereka yang memiliki wilayah maka mereka yang bersinggungan langsung dengan grassrot. Atas dasar itu mereka punya wewenang dan tugas khusus melakukan konsolidasi, mencari dan menciptakan kader yang mumpuni bagi partai,” kata Darmizal.

Dia menambahkan penjaringan dan pencetakan kader-kader partai saat itu tidak dilihat apa dan bagaimana status sosialnya. Damrizal menjelaskan diawal pencarian, penjaringan dan pecetakan para kader itu semuanya harus bangga menjadi anggota partai berlambang mercy tersebut.

“Yang jelas, harus mau dan bangga menjadi partai demokrat. Yang tidak boleh adalah orang-orang yang tidak mengakui pancasila sebagai dasar negaranya,” pungkas Darmizal.

(A. Hilmi)