Simpang Empat, aktual.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan pada 2020 memperoleh predikat kabupaten layak anak kategori Madya.

“Saat ini kita telah memperoleh kategori pratama dan menargetkan memperoleh kategori Madya pada 2020,” kata Bupati Pasaman Barat, Yulianto, Rabu.

Ia mengatakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bekerja keras untuk mewujudkan program tersebut.

Sebab, begitu banyak tantangan dan inovasi yang harus diperbuat untuk memenuhi syarat-syarat terwujudnya Pasaman Barat menjadi kabupaten yang layak anak.

Ia menilai selama ini pemerintah pusat maupun daerah selalu berupaya secara maksimal agar anak memperoleh hak serta perlindungan hukum.

Menurutnya secara konkret pemerintah pusat telah mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak melalui berbagai instrumen hukum.

Diantaranya dengan berpedoman pada UU nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Selain itu, Pemkab Pasaman Barat siap menerima aspirasi anak-anak, apalagi sudah dibentuknya forum anak Kabupaten Pasaman Barat.

“Hal yang terpenting adalah untuk mendorong anak agar dapat berkembang dengan baik dengan secara bebas dapat menuangkan segala imajinasinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pasaman Barat, Anna Rahmadia mengatakan pihaknya terus berupaya memperhatikan anak yang ada.

“Selain membentuk forum anak juga mengadakan berbagai kegiatan sosial dan olahraga,” katanya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)