Jember, Aktual.com – Seorang pria asal Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang Jember, mengalami insiden tersengat aliran listrik di tempat kerjanya saat memasang penampungan air atau tandon di lantai dua.

Pria yang bernama Fadly berumur 35 Tahun tersebut, tersengat aliran listrik dari kabel dengan tegangan tinggi di bangunan milik depo Air Kangen Water yang bertempat di di Jalan majapahit F-1 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Jember.

“Kami menerima laporan ada warga tersengat listrik di bangunan berlantai dua di daerah Kaliwates belakang Transmart. Laporan masuk sekitar pukul 2 siang, dan bersama 9 personel, juga satu unit truk damkar. Langsung menuju lokasi kejadian,” kata Danru A Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Pemkab Jember, Suharto saat dikonfirmasi disela proses evakuasi, Sabtu (24/09) sore.

Menurutnya, Kejadian nahas itu sendiri, diduga karena kurang hati-hati. Sehingga saat sedang memotong besi dan akan mengelas. Korban malah menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi milik PLN.

“Dengan posisi kabel hanya berjarak satu jengkal dekat kepala korban. Beruntung korban masih selamat dari kejadian yang dialami,” ungkapan.

Dengan kejadian tersebut, korban mengalami luka bakar pada beberapa bagian tubuhnya yang diakibatkan sengatan listrik bertegangan tinggi itu.

Selain itu juga, tim damkar saat melakukan proses evakuasi dilakukan secara hati – hati, dimana kondisi bangunan di lantai dua sangat dekat dengan kabel listrik tegangan tinggi,

“Kami saat melakukan Proses evakuasi dilakukan lewat depan (bangunan). Jika kami lewat bangunan di dalam, didalam sangat terlalu sempit. Sehingga kami menggunakan alat-alat untuk proses evakuasi vertikal. Sangat hati-hati karena sangat dekat jaraknya dengan kabel listrik tegangan tinggi,” bebernya.

Selanjutnya terkait proses evakuasi korban, pantauan di lokasi kejadian. Berlangsung cukup dramatis. Karena petugas damkar juga dibantu sejumlah anggota Polsek Kaliwates harus berhati-hati dengan banyak kabel di dekat bangunan.

Sementara terpisah, Bhabinkamtibmas Sempusari Polsek Kaliwates Aipda Anang Mujiono saat dikonfirmasi. Menyampaikan bahwa Setelah korban berhasil diturunkan dari atap bangunan, kondisi korban tampak lemas dan kesakitan. Sehingga korban langsung dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan truk damkar.

“Karena saat akan diturunkan dari atap bangunan sudah sulit dan makan waktu. Posisi korban juga semakin lemas. Akhirnya untuk dibawa ke rumah sakit, korban langsung diantar pakai truk damkar. Korban dibawa ke RS Kaliwates,” ujarnya.

Selain itu juga, saat kejadian insiden tersebut, korban hanya satu orang. Yakni pria dengan berprofesi sebagai tukang las sedang membuat tandon air.

“Tapi karena kurang hati-hati tersengat listrik dari kabel bertegangan tinggi. Korban hanya mengalami luka, Alhamdulillah selamat. Proses evakuasi korban dari atap bangunan sampai turun dan dibawa ke rumah sakit, kurang lebih 1 jam,” ujarnya.

Perlu diketahui, Dengan kolaborasi damkar serta Bhabinkamtibmas saat proses evakuasi korban, korban terselamatkan dengan kondisi masih hidup dan selamat, meskipun saat tersengat listrik sempat ada ledakan kecil dan korban juga terlempar sejauh 1 meter, yang mengakibatkan luka bakar di tangan sebelah kanan, luka robek dikepala kurang lebih 15 cm dan tangan sebelah kiri bengkak tidak bisa digerakkan.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)