Jakarta, Aktual.com — Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat menyesalkan peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, semalam. Djarot menuturkan, peran warga untuk peka terhadap bahaya kebakaran perlu ditingkatkan.

“Kita sudah ngomong hati-hati jangan sampai ada kebakaran di rumahmu, arus listrik coba diatur. Eh saya dapat informasi tadi malam, karena bakar sampah katanya,” ungkap Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu (5/8).

Terlebih, sambung Djarot, saat ini Jakarta sedang dilanda musim kemarau, dimana akan lebih menambah beban petugas pemadam ketika memadamkan api lantaran banyak sungai yang kekeringan.

“Seluruh warga kalau mau bakar sampah, nyalain kompor tes dulu semua. Kalau sudah satu kena bakar, itu bukan diri sendiri aja, tetangganya, lingkungannya juga kena. Jadi waspadalah,” tegasnya.

Laporan Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Mulyanto, kurang lebih 25 bangunan yang terbakar, terdiri dari rumah dan kios akibat kebakaran yang terjadi di Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (4/8/2015) malam.

‪Penyebab kebakaran masih diselidiki petugas. Para warga di lokasi kebakaran mengatakan, kebakaran terjadi karena sampah yang dibakar di kolong jembatan.‬

‪Api baru benar-benar padam sekitar pukul 23.00 WIB. 29 unit mobil pemadam kebakaran, serta 150 personil pemadam kebakaran diturunkan untuk menjinakkan api.

(Andy AbdulHamid)