Jember, Aktual.com – Pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, mendapat respon positif dari masyarakat.

Hal ini nampak di dua kecamatan yakni Kecamatan Kencong dan Jombang, pada Jum’at (08/04), yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kab Jember Dra. Hj Kasih Fajarini didampingi kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember.

Menurut Kadisprindag Jember Bambang Saputro, pada pasar murah yang diselenggarakan kali ini, antusias warga sangat tinggi. Hal ini terlihat di dua tempat pelaksanaan yang dibanjiri warga.

“Alhamdulillah, tadi di Kecamatan Kencong dan Jombang pada pasar murah yang diselenggarakan kembali ini dan dibuka langsung oleh ketua tim penggerak PKK Kabupaten Jember, berlangsung sangat meriah sekali serta dibanjiri oleh masyarakat, seperti yang di Kecamatan Kencong dan sekitarnya, antusias untuk membeli sembako atau kebutuhan lainnya dalam rangka persiapan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah,” ujar Bambang.

Pasar Murah ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu, agar bisa mendapatkan sembako dan kebutuhan lainnya menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah, dengan harga yang terjangkau dan dibawah harga pasar.

Selain itu, kegiatan pasar murah tersebut akan berlangsung di 31 kecamatan di Jember selama bulan ramadhan dan dimulai dari tanggal 07 hingga 28 April 2022.

“Jadi selama bulan Romadhan, pasar murah ini akan diselenggarakan sampai dengan tanggal 28 April, dimana setiap hari akan dilaksanakan pasar murah bertempat di 2 Kecamatan yang akan diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan, mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 1 siang, sedangkan untuk hari Jumat, Sabtu dan hari Minggu pasar murah sementara libur,” jelasnya.

Adapun peserta atau mitra pendukung pasar murah yang diselenggarakan ini, ada 31 perusahaan yang ada di Kabupaten Jember, yaitu para distributor sembako. Kegiatan ini juga melibatkan tim penggerak PKK kabupaten, kecamatan dan desa atau kelurahan, termasuk juga dari Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jember.

Selain pasar murah, juga dilakukan vaksinasi terhadap warga serta pengunjung.

“Kegiatan ini juga diadakan pelaksanaan vaksinasi yang bertempat di lokasi Pasar Murah, dilakukan oleh para tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan,” tutup Bambang Saputra.

(aminudin azis)

(Aminuddin Aziz)