Jember, Aktual.com – Pasien pertama bedah jantung di RSD dr. Soebandi Jember telah diperkenankan pulang. Setelah menjalani perawatan selama 6 hari, Silvi Dwi Ayu Mustika, usia 23 tahun, warga Balung Lor, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, dinyatakan kesehatannya dan menjalani rawat jalan.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi, Hendro Soelistijono mengatakan, keberhasilan bedah jantung yang dilakukan pertama ini merupakan langkah awal untuk melayani secara rutin soal penanganan penyakit jantung.

“Alhamdulillah, pasien yang dioperasi ini sangat kooperatif. Sehingga pelaksanaan bedahnya sangat lancar. Ditambah lagi oleh sarana prasarana yang bagus dan bimbingan ahli dari  dr Sutomo,” ucapnya.

Pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan terkait bedah jantung dan bakal mengembangkan jenis-jenis pelayanan jantung. Baik untuk anak maupun dewasa.

“Peralatan yang kita miliki sudah sangat layak untuk melakukan tindakan bedah jantung. Kasus jantung yang dibedah ini cukup sulit. Dan kami berhasil melakukan itu dengan baik. Sehingga menurut tim surabaya, kami sudah dinyatakan mampu,”terangnya.

Untuk diketahui, Silvi Dwi Ayu Mustika menjadi pasien pertama bedah jantung terbuka di RSD. dr. Soebandi Jember, Sabtu (14/5) lalu.

Operasi tersebut dilakukan oleh tim dokter RSD dr Soebandi Jember, dengan didampingi oleh tim dokter di RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Beberapa saat lalu, bahkan Bupati Jember Hendy Siswanto juga menjanjikan akan mendirian rumah sakit khusus bedah jantung di Jember, untuk melayani pasien dari wilayah Jawa Timur bagian timur.

 

(aminudin azis)

(Aminuddin Aziz)