Ilustrasi- Petugas sedang mengintrol kesehatan pasien Covid19

Lebak, Aktual.com – Pasien COVID-19 di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sejak sebulan terakhir terus berkurang setelah sembuh bertambah enam orang, sehingga totalnya menjadi 13.582 orang dari sehari sebelumnya 13.576 orang.

Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Rabu, mengatakan selama ini pasien COVID-19 di daerah ini tidak ditemukan penambahan kasus baru.

Bahkan, perkembangan COVID-19 melandai dan setiap hari banyak yang sembuh. Sebelumnya, kata dia, kasus pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 13.576 orang kini menjadi 13.582 orang atau bertambah enam orang.

Begitu juga pasien aktif COVID-19 sebelumnya sebanyak 60 orang, namun kini menjadi 55 orang atau berkurang lima orang.

“Kami meyakini pasien COVID-19 di daerah ini dipastikan kembali ke nol persen, ” kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Lebak.

Menurut dia, meski perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Lebak semakin baik, namun masyarakat harus disiplin mematuhi protokol kesehatan, terlebih bulan Ramadhan, dimana pada bulan suci itu kegiatan masyarakat cenderung meningkat.

Selain itu juga masyarakat selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilisasi dan menghindari kerumunan. Masyarakat juga harus meningkatkan partisipasi vaksinasi guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Pemerintah daerah bersama TNI, Polri, BIN, Puskesmas, PPNI, BUMN, pengusaha hingga Ormas menyelenggarakan kegiatan vaksinasi, bahkan mereka melakukan pelayanan jemput bola ke pelosok desa.

“Kami berharap masyarakat dapat mensukseskan vaksinasi hingga vaksin booster untuk memutuskan penyebaran virus mematikan itu, ” kata Firman.

Berdasarkan data COVID-19 Kabupaten Lebak sampai Rabu tercatat 13.860 orang, 13.582 orang, 55 orang masih isolasi dan 223 orang meninggal.

(Nurman Abdul Rahman)