Ketua DMI DKI Jakarta KH Ma'mun Al Ayyubi (tengah) didampingi Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat Walikota Jakarta Utara Wawan Budirohman (kiri) dan Pemimpin Bank DKI Syariah Klaster Wahid Hasyim, Hari Gumbira (kanan) meninjau pelaksanaan program mobil keliling vaksinasi yang diselenggarakan di Masjid Jami Al Mukarrom Jakarta, Sabtu (15/8/2021). Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) berkolaborasi bersama Pemprov DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia DKI Jakarta dalam program Mobil Vaksin Keliling yang melakukan vaksinasi di berbagai tempat ibadah di DKI Jakarta. Kegiatan ini menjadi bagian dari percepatan pemberian vaksinasi demi tuntasnya penanganan pandemi Covid-19 di DKI Jakarta demi mewujudkan Jakarta yang kembali sehat dan produktif. AKTUAL/Dok Bank DKI

Tanjungpinang, Aktual.com – Juru Bicara Satgas Covid-19 Tanjungpinang, Kepulauan Riau Rustam mengatakan jumlah pasien yang menjalani isolasi mandiri di daerah itu terus berkurang.

Data satgas Covid-19, kata dia, pasien terpapar yang menjalani perawatan di rumah tersisa 269 orang. Begitu juga pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit semakin berkurang menjadi 50 orang.

Sedangkan pasien yang menjalani karantina terpadu di Villa Lohas tersisa 15 orang dan Mes Bhayangkara tersisa dua pasien.

“Dengan demikian kasus aktif di Tanjungpinang hingga saat ini tersisa sebanyak 336 kasus,” kata Rustam, Minggu (22/8).

Rustam menyampaikan penurunan kasus juga berpengaruh pada makanan yang akan disalurkan kepada pasien isoman setiap harinya.

Hingga hari ke-14, lanjut dia, hanya 238 pasien di 17 kelurahan yang akan menerima nasi kotak jika dibandingkan dengan dua pekan sebelumnya mencapai 860 pasien.

“Dari jumlah nasi kotak yang dibagikan, hampir semua pasien isoman mendapat makanan setiap harinya. Sehingga, yang bersangkutan tidak perlu keluar rumah dan penularan virus dapat terus ditekan,” tuturnya.

Rustam mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski terjadi penurunan kasus Covid-19. Bahkan warga disarankan untuk menggunakan masker ganda.

“Kurangi mobilitas, hindari kerumunan serta senantiasa mencuci tangan menggunakan sabun,” ucap Rustam.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Nusantara Network