Ilustrasi Pilkada

Jakarta, Aktual.com – Pasangan calon Gubernur Kalimantan Barat, Milton Crosby-Boyman tampaknya tidak terlalu berat memenangkan Pilkada 2018 ini. Terlebih, berdasarkan beberapa hasil penelitian lembaga survei, suara Milton-Boyman selalu unggul dari kandidat lainnya.

Lembaga Survei Masyarakat Borneo (LSMB) misalnya, menempatkan pasangan Milton dan Boyman sebagai kandidat pilihan masyarakat Kalimantan Barat. “Mereka berada diurutan pertama. Disusul dengan paslon Karolin dan Gidot, yang menempati urutan ke dua. Dan terakhir ditempati paslon nomor urut buncit, yakni Sutarmiji dan Norsan,” ujar Direktur Eksekutive LSMB, Christianus Alvin, Sabtu (23/6).

Survei ini, kata dia, dilakukan guna mendapatkan gambaran hasil pilihan masyarakat, apabila pilgub Kalbar dilaksanakan saat ini. “Untuk memperoleh jumlah responden yang proposional dengan jumlah DPT sebanyak 3.448.653 pemilih, maka kami menggunakan margin eror sebesar 2,25 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, dengan jumlah responden yang dibutuhkan sebanyak 1.896 pemilih,” ujar dia.

Tehnik penyebaran responden, lanjut dia, dilakukan dengan cara multistage random sampling. Dengan jangka waktu 10 hari, hal itu mengingat medan yang cukup sulit, dan cakupan wilayah yang luas. Dengan Margin Eror : 2,25 persen. Tingkat Kepercayaan: 95 persen dengan waktu pengumpulan data yakni pada 12-21 Juni 2018.

Hasilnya, pasangan nomor 1 Milton Crosby-Boyman Harun, memperoleh 52,20 persen suara responden. Pasangan nomor 2, Karolin Margaret-Suryadman Gidot, memperoleh 22,20 persen, pasangan nomor 3, Sutarmidji-Ria Norsan hanya 17,40 persen dan tidak mencoblos alias golput 8,20 persen.