Jakarta, Aktual.com– Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menyoal kemampuan Gubernur DKI Jakarta Anies Badwedan dalam mengantisipasi dan menangani banjir yang terjadi pada banyak titik di wilayah Jakarta kemarin.

Ketua Umum PB HMI Ahmad Latupono menyebut Gubernur Anies Baswedan gagal dalam mengurai persoalan banjir di Ibu Kota.

“Selaku pemangku kebijakan tertinggi di Pemprov DKI, saya rasa beliau gagal dalam mengelola persoalan di Ibu Kota, terutama soal banjir ini. Kenapa demikian? Karena seharusnya Pemprov cekatan dan mampu bersinergi dengan berbagai macam sektor untuk mengurai bencana tahunan ini,” kata Ahmad dalam keterangannya pada Sabtu (20/2) kemarin di Jakarta.

Selain banjir, PB HMI pun menyoroti sejumlah kebijakan Pemprov DKI yang terkesan hanya sebatas pencitraan dan syarat akan kepentingan hiburan politik semata. Kuat dugaan, langkah pencitraan Anies terkait dengan ambisinya untuk menjadi Calon Presiden pada pilpres 2024 mendatang.

“Banyak kebijakan Gubernur DKI yang syarat akan kepentingan, jangan sampai itu hanya politik entertainment semata demi mendobrak popularitas menuju 2024. Kalau begitu adanya, tentu warga DKI juga yang akan dirugikan,” ujarnya.

Karena kepemimpinan Anies tak bisa diharapkan, Ahmad pun meminta kepada seluruh warga Ibu Kota untuk tetap sabar dan optimis. Ahmad yakin situasi pandemi dan musibah banjir ini akan segera berakhir dan keadaan bakal kembali seperti sedia kala.

(Nurman Abdul Rahman)