Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat melakukan pertemuan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat melakukan pertemuan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan bahwa partainya bersama dengan PDI Perjuangan sepakat untuk senantiasa membangun komunikasi politik yang terbuka demi kepentingan bangsa Indonesia.

“Saya kira konklusi yang paling jelas adalah kami bertekad untuk melanjutkan komunikasi politik secara terus-menerus dengan terbuka, dengan apa adanya,” kata Prabowo usai melakukan pertemuan dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan beberapa elite PDIP di kediamannya Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu, sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Prabowo menambahkan kesepakatan antara PDIP dan Gerindra untuk membangun komunikasi secara terbuka ini juga merupakan langkah awal dari kedua belah pihak dalam menghadapi musim politik yang akan datang.

Prabowo mengatakan kesepakatan Gerindra untuk terus berkomunikasi secara baik dan terbuka dengan PDIP ditujukan pula untuk melanjutkan persahabatan dan hubungan kekeluargaan dari kedua belah pihak.

Menurut ia, Gerindra dan PDIP memiliki banyak pandangan ideologis yang sama.

“Kami punya banyak pandangan yang sama secara ideologis. Kami partai kebangsaan, kami sepakat dengan Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, persatuan nasional, dan kerakyatan,” jelasnya.

Dalam kesempatan sama, Prabowo juga menyampaikan bahwa hubungan dirinya serta keluarganya dengan keluarga Puan Maharani sudah terjalin dengan baik sejak lama.

“Sebetulnya saya merasa sangat dekat dengan Ibu Puan dan Ibu Megawati Soekarnoputri serta Pak Taufiq Kiemas,” kata Prabowo.

Kedekatan itu sudah terbangun turun-temurun dari tiga generasi sehingga pertemuan hari ini bukanlah pertemuan yang baru.

“Orang tua saya juga dekat sama orang tua Ibu Mega dan seterusnya. Kakek saya juga dekat dengan Bung Karno,” tambah Prabowo.

Menurut Prabowo, kondisi kedua keluarga yang sekarang memiliki tanggung jawab politik di partainya masing-masing itu membuat hubungan mereka menjadi lebih mudah dan hangat.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani tiba di Hambalang sekitar pukul 10.45 WIB dan disambut langsung oleh Prabowo Subianto di pendopo rumah itu.

Dengan mengenakan kaos polo berwarna hitam dan celana berwarna biru dongker, Puan hadir didampingi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan sejumlah tokoh PDIP lainnya, seperti Said Abdullah, Utut Adianto, Bambang Wuryanto, Charles Honoris, Dolfie OFP, Mufti Anam, Agustina Wilujeng Pramestuti, Gilang Dhielafararez, dan Alex Indra Lukman.

Sementara itu, Prabowo didampingi oleh beberapa elite Partai Gerindra, antara lain Sekjen Ahmad Muzani dan Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad.

(Arie Saputra)