Jakarta, Aktual.co — Susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla belum matang digodok. Sebab itu rencana pengumuman kabinet yang sedianya disampaikan malam ini di Tanjung Priok Jakarta Utara dibatalkan.
Belum matangnya penyusunan kabinet ini didasarkan atas penilaian Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
“Beberapa nama-nama yang sebelumnya disampaikan pada PPATK dan KPK (perlu) dilakukan pengecekan pada nama tersebut,” terang Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (22/10) malam.
Disampaikan, dalam hal penyusunan kabinet baru Presiden Jokowi diberi waktu 14 hari sejak pengambilan sumpah jabatan. Untuk mematangkan kabinetnya, seluruh calon menteri perlu ada kesamaan visi dan misi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.
“Dengan demikian memang pengumuman tidak dilakukan pada hari ini. Namun tidak mengurangi tahapan yang dilakukan skala konkrit. Konsolidasi pemerintahan terus dilakukan,” jelas Hasto. 

()