Jakarta, Aktual.com – Pebasket bintang tim nasional Indonesia, Marques Bolden, resmi bergabung dengan Milwaukee Bucks menyusul pengumuman dari tim NBA itu pada Minggu (25/9) waktu setempat.

Bucks tidak mengumumkan rincian kesepakatan kontrak Bolden, tetapi media-media Amerika Serikat sebelumnya telah melaporkan bahwa pemain naturalisasi Indonesia itu diikat dengan kontrak Exhibit 10.

Exhibit 10 merupakan kontrak berdurasi satu tahun dengan nilai gaji minimum yang tidak menyertakan jaminan kompensasi, tetapi bisa mencantumkan opsi bonus mulai dengan rentang nilai 5.000 s.d. 50.000 dolar AS (sekira Rp75,6 juta s.d. Rp756,1 juta).

Kontrak Exhibit 10 biasanya berlaku jelang musim baru NBA dan diberikan untuk pemain-pemain yang diajak mengikuti pemusatan latihan tim, tetapi tanpa ada jaminan kontraknya berlanjut di musim reguler.

Dengan demikian, Bolden akan bergabung dalam sesi pemusatan latihan Bucks yang sudah dimulai pada Sabtu (25/9).

Bolden belakangan menjadi idola baru penggemar bola basket Indonesia lewat penampilannya membela Merah Putih di SEA Games 2021 Vietnam dan Piala FIBA Asia 2022 di Jakarta, Juli lalu.

Bolden jadi bagian roster Indonesia yang untuk pertama kalinya menyabet medali emas SEA Games usai menyapu bersih kemenangan di Vietnam.

Lantas di Jakarta, Bolden membukukan rata-rata 21,8 poin dan 11,3 rebound untuk membantu Indonesia mencapai babak playoff perebutan tiket delapan besar Piala FIBA Asia 2022.

Bolden merupakan pebasket kelahiran Texas jebolan Universitas Duke yang mengikuti Draft NBA 2019 tapi tak dipilih satu tim pun.

Ia sempat menghabiskan dua musim dengan tim afiliasi Cleveland Cavaliers di NBA G League, Canton Charge, sebelum hijrah ke Salt Lake City Stars pada musim lalu.

Bolden sempat mencicipi atmosfer NBA selama masih dikontrak Cavaliers pada musim 2019-20 dan 2020-21, sedangkan musim lalu di Stars ia selalu tampil sebagai pancamula dalam 20 gim dengan rataan kontribusi 12,3 poin, 8,9 rebound, dan 1,6 blok.

Selama sesi pemusatan latihan yang diikuti Bolden, Bucks juga dijadwalkan menjalani sedikitnya liga laga uji coba pramusim yakni menghadapi Memphis Grizzlies pada Sabtu (1/10), Atlanta Hawks pada 6 dan 8 Oktober, Chicago Bulls pada 11 Oktober, serta Brooklyn Nets pada 12 Oktober.

Apabila mampu memikat pelatih kepala Mike Budenholzer, Bolden berpeluang masuk ke roster tetap Bucks yang akan mengawali musim reguler NBA 2022-23 dengan bertandang ke markas Philadelphia 76ers di Wells Fargo Center, Pennsylvania, pada 20 Oktober mendatang.

(Warto'i)