Tol Tangerang – Merak, Banten, aktual.com – Sejumlah pedagang makanan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)  atau rest area berharap dapat mengais rezeki yang lebih baik pada masa mudik Lebaran tahun ini dibandingkan saat  pandemi Covid-19 seiring dengan adanya pelonggaran aturan untuk mudik Hari Raya Idul Fitri 2022 Hijriah.

“Saya senang dan berharap bisa ramai dibandingkan sebelumnya,” ujar pedagang makanan bernama Mudoh kepada Antara di Rest Area KM 68 A Tol Tangerang – Merak, Banten pada Senin.

Dia mengakui, kendati pada H-7 ini suasana pemudik di rest area masih belum ramai, namun kehadiran pemudik yang berkunjung dan menyantap makanannya sudah memberikan  harapan untuk mendulang rezeki dibandingkan pada masa pandemi.

Hal senada juga disampaikan oleh pedagang Tahu Sumedang,  Faisal yang mengaku situasi rest area pada musim Mudik Lebaran tahun ini lebih ramai dibandingkan ketika masa pandemi.

“Senang,  sudah mulai ramai sejak puasa hari ke‐15. Harapannya ke depan jangan lagi ada pandemi sehingga saya bisa bekerja normal,” kata Faisal.

Adapun pedagang makanan lainnya bernama Ai merasakan kondisi rest area KM 68 saat ini lebih baik dibandingkan sebelumnya. “Mendingan dibanding kemarin-kemarin, walaupun pemudik masih belum banyak tapi ini lebih baik ketimbang saat pandemi tahun-tahun sebelumnya yang membuat rest area sangat sepi,” ujarnya.

Dia juga berharap ke depannya kondisi pandemi segera berlalu dan tidak ada lagi, sehingga pedagang seperti dirinya bisa mendulang kembali rezeki seperti kondisi sebelum pandemi.

“Kalau kemarin pas pandemi cuma bisa bayar sewa warung saja, sekarang ya Alhamdulillah sudah ada rezeki keuntungan yang didapat,” katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan mudik atau pulang kampung pada perayaan Idul Fitri 2022 diperbolehkan asalkan pemudik sudah mendapat dosis pertama dan kedua serta dosis penguat (booster) vaksin COVID-19.

Presiden juga mengingatkan setiap aktivitas dalam mudik harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ketat.

Pemerintah mengizinkan aktivitas mudik pada tahun ini karena mempertimbangkan situasi pandemi COVID-19 yang terus membaik. Perbaikan situasi pandemi COVID-19 membawa optimisme menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri pada 2022.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)