Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono (tengah) saat kampanye program Kesadaran Publik akan Sampah.

Jakarta, Aktual.com – Persoalan sampah menjadi salah satu hal yang diseriusi oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri disamping tugas utamanya dalam memastikan arus lalu lintas lancar dan tidak terganggu.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono menyampaikan, melalui program Korlantas Peduli Lingkungan jajaranya ingin membangun kesadaran publik akan pentingnya mengatasi persoalan sampah.

“Sebelumnya Polri melalui Kapolri (Jenderal Idham Azis) sudah menggelar program peduli lingkungan penanaman pohon. Ini penguatan program itu didukung dengan masalah sampah,” kata Irjen Istiono di kantor Korps Lalu Lintas Polri, Jakarta, Rabu (15/1).

Gerakan peduli sampah ini, kata Jenderal bintang dua dimulai dari seluruh satuan kerja Korlatas yang ada di Indonesia, kemudian terhadap keluarga masing-masing personel untuk memulai memilah-milah sampah sehingga menjadi budaya.

Untuk aktualisasi yang berkaitan dengan tugas personel. Mantan Kapolda Bangka Belitung itu ingin membangun kesadaran masyarakat terkait sampah yang berada di area publik.

Ia memberi contoh, saat antrian panjang alias macet yang terjadi di Gadong, biasanya para pengendara tingkat kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya sangat rendah.

“Ini akan kami gugah,” ucap Irjen Istiono sekaligus menyampaikan nantinya di area publik seperti di sepanjang jalan Gadong yang mengarah ke Puncak atau sebaliknya akan diletakan bak-bak sampah.

Untuk itu, ia berharap setiap personel Korlantas yang bertugas di lapangan menjadi duta sampah, menyampaikan himbauan-himbauan kepada masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. “Nanti setiap personel menjadi corong,” pungkasnya. (Fadlan Syiam Butho)

(Tino Oktaviano)