Suasana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di akhir pekan pertama Ramadan, di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/5/2017). Pada Bulan Puasa ini suasana di CFD sepi pengunjung dikarenakan sebagian umat muslim menjalankan ibadah puasa. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Situasi terkini wilayah Ibu Kota Jakarta kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Hingga pagi ini situasi kondusif,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Argo Yuwono saat ditemui di Jalan Asia-Afrika, Ahad (20/10) pagi.

Argo bersama Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat dan jajaran lainnya melakukan pemantauan situasi arus lalu lintas di pertigaan Jalan Asia-Afrika dan Jalan Gelora.

Menurut Argo, pengamanan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden telah disiapkan jauh hari sebelum pelantikan, bersama unsur TNI dan Polri dimulai dari rapat persiapan, gladi bersih dan lainnya.

“Persiapan sudah jauh-jauh hari mulai dari rapat sampai pelaksanaan pelantikan siang nanti,” katanya.

Argo menyebutkan, TNI dan Polri telah menyiapkan pasukan yang disebar ke sejumlah titik-titik pengamanan seperti pusat perekonomian, pertokoan, hotel dan objek vital lainnya.

(Abdul Hamid)