Manila, Filipina, aktual.com – Manajer tim nasional Indonesia Kombes Pol Sumardji menegaskan bahwa semua pemain di skuadnya dilarang aktif di media sosial selama berkompetisi di Piala AFF 2022.

“Saya melarang pemain untuk ‘up’ (mengunggah-red) pemberitaan tentang dirinya, selebrasi dan sebagainya di media sosial. Mereka baru bisa mengunggah apapun sepuasnya di media sosial kalau berhasil menjadi juara Piala AFF 2022. Kalau sekarang, jangan coba-coba,” ujar Sumardji dalam perbincangan dengan pewarta di Manila, Filipina, Sabtu (31/12).

Menurut pria berusia 50 tahun itu, kebijakan tersebut dikeluarkan agar pemain fokus menghadapi pertandingan demi pertandingan.

Andai melanggar, Sumardji menyebut bahwa pemain yang bersangkutan akan dikenakan sanksi moral.

“Akan ada sanksi moral karena ini sudah kesepakatan. Saya selalu mengingatkan mereka (soal keaktifan di medsos-red),” tutur pria yang saat ini menjabat pula sebagai Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu itu.

Timnas Indonesia terus bertarung di Piala AFF 2022 dan akan menghadapi laga terakhirnya di Grup A kontra tuan rumah Filipina, Senin (2/1) di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Pertandingan tersebut penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya.

Indonesia saat ini menempati posisi kedua Grup A karena kalah selisih gol dibandingkan Thailand meski sama-sama mengoleksi tujuh poin.

Pasukan Garuda cuma butuh hasil imbang kontra Filipina untuk mengunci tiket semifinal, tetapi Indonesia juga masih berpotensi menjadi juara Grup A tergantung hasil pertandingan Thailand kontra Kamboja.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)