Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan), Laksamana Madya TNI Muhammad Ali di ruang kerjanya, Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Menurut Wamentan Harvick, kedatangan jenderal TNI AL bintang 3 itu dalam rangka memperkuat sinergi untuk mewujudkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional dengan memanfaatkan lahan potensial milik TNI.

“Pertemuan hari ini sebagai tindaklanjut kerjasama antara Panglima TNI dengan Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu. Kerjasama tersebut salah satunya pemanfaatan lahan di tiap-tiap satuan TNI,” kata Wamentan dalam keterangan tertulisnya.

Wamentan Harvick mengatakan pemanfaatan lahan di satuan TNI akan ditanami sejumlah komoditas tanaman pangan, hortikultura, maupun perkebunan.

Menurutnya, hal ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi bersama dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

“Pemanfaatan lahan-lahan potensial di TNI dengan berbagai komoditas pangan dalam rangka menjaga ketahanan pangan serta mewujudkan kedaulatan pangan,” tuturnya.

Ia berharap kerjasama ini dapat dilaksanakan secepatnya. Hal ini mengingat masalah krisis pangan yang sedang melanda dunia.

“Semoga ke depan kita bisa terus bersinergi untuk mengantisipasi tantangan yang saat ini dihadapi oleh dunia, salah satunya krisis pangan global,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kementan bersama TNI Angkatan Laut telah melakukan penanaman sorgum secara serentak di 77 lokasi lahan milik TNI AL pada 9 September 2022 lalu. Bahkan kegiatan itu berhasil mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

 

(A. Hilmi)