Spesialis Gizi Anak dari Universitas Indonesia, Damayanti Sjarif, mengatakan bahwa stunting merupakan suatu kondisi perawakan pendek, dimana penyebabnya adalah kekurangan gizi kronik. Selain mempengaruhi bentik fisik, stunting juga berpengaruh pada pertumbuhan otak dan tingkat kecerdasan anak.

“Untuk mengatasi stunting, pencegahan lebih baik dari pengobatan, berikanlah ASI dan makanan pendamping ASI yang benar yang mengandung cukup protein hewani serta melakukan pemantauan secara berkala,” tambah Damayanti.

Webinar: Kelas Jurnalis Gizi dan Anak diadakan untuk memperkuat pemahaman rekan-rekan media terkait upaya pemenuhan nutrisi di Indonesia untuk mencapai visi Generasi Emas 2045. Generasi Emas 2045 sendiri akan menjadi kekuatan utama bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar dan maju di tahun 2045. Untuk itu dibutuhkan generasi masa datang yang sehat dengan kemampuan intelegensi yang kuat, dan hal ini membutuhkan asupan nutrisi yang baik dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Di sisi lain, diperlukan juga pengetahuan mengenai kategorisasi susu dan MP-ASI sebagai salah satu sumber gizi untuk mendukung tumbuh kembang anak di setiap tahapan usia. Memperluas informasi tentang manfaat susu sebagai bentuk intervensi dari berbagai permasalahan nutrisi. Disamping itu juga memperkuat pemahaman rekan-rekan media tentang regulasi terkait kategorisasi susu dan MP-ASI untuk bayi/anak, dan juga perkembangan terkini secara umum di Indonesia.

(Zaenal Arifin)
1
2
3
4