Istanbul, aktual.com – Fatih Nurullah Şağban, pemimpin ordo Usşaki, sebuah aliran tarikat di Turki yang dikenal dekat dengan Partai AKP Pimpinan Presiden Erdogan, ditangkap oleh pengadilan karena dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang anak kecil.

Fatih (58), ditahan dalam operasi yang diadakan di distrik Akyazı di Sakarya pada 28 Agustus atas tuduhan melecehkan seorang anak kecil yang orang tuanya merupakan anggota sektenya. Ia ditangkap dan dikirim ke penjara oleh pengadilan setempat, lansir sputniknews, Rabu(2/9).

Fatih yang pernah datang ke Indonesia beberapa waktu lalu selama ini tinggal di Istanbul dan menetap di Kuzuluk Mahallesi di Distrik Akyazı Sakarya sekitar setahun yang lalu. Ia ditahan pada 28 Agustus sebagai bagian dari penyelidikan yang dilakukan oleh Kantor Kepala Kejaksaan Akyazı.

Lahir di Istanbul pada tahun 1962, Şağban lulus dari Sekolah Dasar Özdemiroğlu pada tahun 1973, Sekolah Menengah Kemal Atatürk pada tahun 1976 dan Sekolah Menengah Khusus Laki-laki Haydarpaşa pada tahun 1979 dan memasuki Akademi Olahraga Universitas Istanbul pada tahun yang sama. Ia diketahui memiliki 4 anak.

Fatih Nurullah memiliki sejarah yang sangat berbeda sebelum menjadi pemimpin ordo Usşaki. Lelaki yang lulus dari Akademi Olahraga Universitas Istanbul itu sempat menjadi pegulat nasional dan menjadi juara di kelas 57 kilogram.

Setelah penangkapan pemimpin Sekte Usşaki dan pondok-pondok mereka juga ditutup. Setelah kejadian buruk itu, Sekte Uşşaki menghapus semua akunnya di Twitter dan foto-foto Fatih Nurullah.

https://tr.sputniknews.com/turkiye/202009021042769816-ussaki-tarikati-lideri-fatih-nurullah-sagban-tutuklandi/

(Tino Oktaviano)