Ilustrasi Mudik Gratis

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah anggaran mudik gratis 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenhub.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, penambahan anggaran mudik gratis 2022 ini atas arahan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dilansir dari Kompas, Sebab, peminat mudik gratis Kemenhub tahun ini ternyata sangat banyak. Bahkan, laman pendaftaran yang baru dibuka pada Minggu (10/4) kini ditutup sementara untuk diperbaiki karena eror akibat diakses banyak orang dalam waktu serentak.

“Betul, saya tambah lagi dananya. Permintaan Pak Menteri setelah (melihat) minat (mudik gratis Kemenhub) banyak,” ujar Budi Senin (11/4).

Dia menjelaskan, besaran dana yang ditambah untuk program mudik gratis 2022 sebesar Rp 10 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan CSR.

Dengan demikian, anggaran mudik gratis Kemenhub tahun 2022 menjadi total Rp 20 miliar.

“Diupayakan tambah lagi minimal sama (Rp 10 miliar). Rencananya begitu,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Kemenhub menganggarkan Rp 10 miliar untuk mengadakan program mudik gratis pada masa mudik Lebaran 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, jumlah tersebut termasuk sedikit jika dibandingkan dengan program mudik gratis pada tahun-tahun sebelum pandemi.

Pasalnya, tahun ini Kemenhub tidak menganggarkan program mudik gratis. Jadi, anggaran mudik gratis tahun ini diadakan melalui revisi anggaran Kemenhub.

“Anggarannya tidak terlampau besar, cuma Rp 10 miliar, total tahun 2019 kita ada sekitar Rp 38 miliar kalau tidak salah,” ujarnya saat Media Briefing “Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022”, Jumat (8/4/2022).

Kemenhub telah berkoordinasi dengan Kementerian BUMN, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan swasta dalam pelaksanaan mudik gratis 2022.

Kuota mudik gratis tahun ini disiapkan untuk menampung sekitar 10.500 orang, dengan jumlah armada 350 bus untuk keberangkatan dan balik mudik.

“Yang kita fasilitasi untuk yang mudik itu cukup banyak, sekitar 8.100 penumpang dengan jumlah bus 270. Kemudian yang kita fasilitasi untuk baliknya ada sekitar 2.400 penumpang dengan jumlah bus 80,” jelasnya.

Program mudik gratis ini akan dilakukan antara tanggal 27, 28, dan 29 April mendatang. Pendaftarannya baru akan dimulai pekan depan secara online atau manual.

Tujuan mudik gratis 2022 hanya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah karena terbatasnya anggaran dan waktu persiapan yang tidak sampai satu bulan.

Untuk tujuan Jawa Barat, perinciannya ke Cirebon, Tasikmalaya, dan Garut. Sedangkan untuk Jawa Tengah mulai dari Tegal, Semarang, Kudus, kemudian Solo, Wonogiri, Purworejo, Purwokerto, dan Cilacap.

(Arie Saputra)