Jember, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Jember melakukan operasi pasar tradisional, jelang Natal dan Tahun Baru. Kegiatan ini sekaligus untuk mengantisipasi lonjakan harga di sejumlah daerah, mengingat tingginya permintaan barang dari masyarakat akibat moment tahunan tersebut.

Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember, bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Sub Bulog Jember, Operasi Pasar akan dilakukan pada tanggal 5 Desember sampai dengan tanggal 20 desember 2022.

“Dalam rangka untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar tradisional se Kabupaten Jember, kami bekerjasama dengan BI dan Bulog Jember, untuk antisipasi kenaikan harga,” ujar Kadisprindag Jember Bambang Saputro, Sabtu (03/12).

Operasi pasar ini merupakan upaya antisipasi adanya kenaikan harga bahan pokok, yang biasanya setiap akhir tahun pada bulan Desember sering terjadi menjelang Natal dan tahun baru (Nataru).

Menurut Bambang, pada operasi pasar nantinya, komoditi bahan pokok akan disiapkan oleh sub Bulog Jember yang akan dijual dengan harga normal.

“Ada beberapa komoditi yang akan dioperasikan, seperti beras, minyak goreng, telur ayam dan beberapa produk komoditi yang lainnya,” ungkapnya.

Disamping itu juga, Pemkab Jember juga bersinergi dengan pemerintah provinsi Jawa Timur, yang juga melakukan operasi pasar lumbung pangan Jawa Timur, mulai akhir bulan September hingga akhir bulan Desember tahun 2022.

“Pemkab melalui kami juga melakukan operasi pasar lumbung pangan Jawa Timur, yang berkolaborasi dengan Pemprov Jatim, dilaksanakan setiap hari Minggu pagi, berlokasi di tempat pasar di wilayah Kota Jember, yaitu di Pasar Tanjung, pasar kreongan, pasar Mangli dan pasar wirolegi,” terang Bambang.

Sedangkan untuk operasi pasar yang diselenggarakan kerjasama antara Pemkab Jember yang bekerjasma dengan BI dan Sub Bulog Jember, dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai dengan tanggal 20 desember nanti.

“Kita tempatkan di pasar-pasar luar pasar kota Jember, ini merupakan sesuai dengan arahan Bapak Bupati, nanti juga akan kita tempatkan di Alun-alun Kota Jember,” imbuhnya.

Dengan adanya operasi pasar ini, Pemkab Jember sangat berharap harga pokok komoditi tetap stabil dan tidak ada lonjakan.

“Harapanya dengan diadakannya operasi pasar ini, harga-harga bahan pokok di pasar pasar tetap dalam kondisi yang stabil,” harapnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)