Langgur, Maluku Tenggara, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dengan dukungan DPRD setempat terus berusaha menjawab kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan dengan menyediakan lima kapal cepat Puskemas Keliling atau Pusling.

“Pemkab Malra dengan dukungan DPRD dan semua pihak terus berupaya untuk bagaimana menjawab kebutuhan dan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat khususnya di Pulau Kei Besar,” kata Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun di Langgur, Minggu.

Lima unit kapan cepat (spead boat) Pusling sudah diserahterimakan kepada masyarakat Kei Besar pada Sabtu (27/11/). Ia mengatakan pengadaan lima Pusling tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

Kelima Puskesmas yang memenuhi kriteria untuk mendapat Pusling di Kei Besar yakni Puskesmas Mun dan Hoor Kecamatan Kei Besar Utara Barat, kemudian Puskesmas Feer Kei Besar Selatan Barat, Puskesmas Weduar Kecamatan Kei Besar Selatan dan Puskesmas Hollat Kei Besar Utara Timur.

Selain pusling perairan tersebut, ada juga bantuan alat Iva Tes guna mendeteksi kanker serviks pada rahim bagi empat puskesmas yang belum memiliki alat ini yakni, Puskesmas Mun, Weduar, Watsin dan Banda Ely.

“Tentunya bantuan-bantuan ini membutuhkan usaha dan upaya kita semua, hanya semata-mata untuk menjawab dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semoga bantuan-bantuan ini dikelola secara baik sehingga memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, karena pada hakikatnya ini adalah hak masyarakat,” tandas Thaher

Thaher mengakui, permasalahan di Kei besar adalah sesuatu yang kompleks dan berkaitan satu dan lainnya, masalah pendidikan, ekonomi dan kesehatan berkaitan dengan masalah infrastruktur jalan, jembatan, jaringan dan lainnya.

Namun, untuk itu Pemda terus berupaya untuk menjawabnya satu-persatu, semua permasalahan tidak dapat diselesaikan sekaligus dalam waktu yang singkat.

“Oleh karena itu dukungan masyarakat dan semua pihak menjadi motivasi untuk Pemda dapat terus bekerja, tutup Thaher.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)