Siak, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Siak bersama Kementerian Agama (Kemenag), MUI dan LAM Riau, Kabupaten Siak, Provinsi Riau terus menggiatkan program pariwisata halal, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan berkunjung ke negeri Melayu yang identik dengan Islam itu.

“Untuk mendukung program wisata halal tersebut tentunya harus memuat nilai-nilai syariah pada setiap produk kuliner wisata, jasa transportasi dan pemandu wisata, hotel serta lainnya,” kata Kepala Kantor Kemenag Siak, Drs. H. Muharom di Siak, Kamis (9/8).

Menurut dia, untuk mengedepankan nilai-nilai syariah tersebut harus memenuhi sejumlah standar konsep wisata halal, kendati secara teknis proses pengecekan kehalalan produk membutuhkan biaya besar namun demikian diharapkan secara bertahap bisa dilaksanakan.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, tambahnya Pemerintah Kabupaten Siak, Kankemenag Siak dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Siak juga telah menggencarkan sosialisasi tentang gerakan masyarakat sadar wisata halal.

“Untuk itu perlu terus dilakukan peningkatan kesadaran warga setempat terhadap pentingnya pemahaman terhadap produk non halal,” katanya.

(Andy Abdul Hamid)