Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim/Antara
Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim/Antara

Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Kota Jakarta Utara menargetkan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terhadap 3.500 orang per hari di setiap kecamatan.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan pemenuhan target vaksinasi akan dilaksanakan dengan konsep kolaborasi, yang menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing wilayah.⁣

Ali meminta kepada seluruh peserta rapat memetakan strategi untuk dapat mencapai target vaksinasi tersebut.

“Kolaborasi dapat dilakukan dengan beragam pemangku kepentingan lainnya (stakeholder) seperti komplek rumah susun (rusun), perkantoran, restoran, perkampungan padat penduduk, hingga pabrik untuk mendapatkan warga yang belum menerima vaksinasi,” ujar Ali.

Disamping itu, Ali memastikan pengawasan terhadap penyebaran Covid-19 kian digalakkan, terutama penegakan protokol kesehatan dalam rangka mengantisipasi perkembangan Covid-19.

Selain itu, pengawasan juga diberlakukan sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 671 dan juga pelaksanaan dari Surat Keputusan Plt. Kadis Parekraf Nomor 381 tentang ketentuan bagaimana penyelenggaraan dari kegiatan unsur kepariwisataan, baik itu restoran, maupun sarana-sarana hiburan yang lain.

“Untuk restoran, maksimal (buka) sampai pukul 21.00 untuk makan di tempat atau dine-in. Kalau untuk pesan antar (delivery) bisa sampai 24 jam. Makan di tempat daya tampung maksimum 50 persen dan dengan mengikuti protokol kesehatan 3M. Untuk jarak, minimal satu meter,” ungkap Ali.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mulai dari tingkat Kota, Kecamatan, Kelurahan, hingga Rukun Warga dan Rukun Tetangga (RT/RW) diminta berperan aktif dalam pengawasan tersebut.⁣

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap 100.000 warga setiap harinya.

Target ini diungkapkan Jokowi saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Taman Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, dengan didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan sejumlah tokoh masyarakat, Senin (14/6) pagi.⁣

(Antara | Diva Ladieta)

(Aktual Academy)