Jakarta, Aktual.co — Jakarta, Aktual.co —Penataan taman di kawasan Jakarta Barat ditargetkan selesai pada Desember 2014, kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Pertamanan Jakarta Barat Djauhar Arifin.

“Ada 16 taman yang sedang ditata di kawasan Jakarta Barat dan sudah dimulai sejak sebulan yang lalu. Ditargetkan pada tanggal 15 Desember 2014 proyek ini sudah selesai,” kata Djauhar di Jakarta, Selasa (4/11).

Djauhar melanjutkan saat ini proses penataan taman sudah mencapai 40 persen dan dikatakan selesai jika semua fasilitas taman sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Fasilitas seperti tempat pejalan kaki (pedestrian), jalur lari (‘jogging track’) harus bisa digunakan oleh warga. Selain itu kami juga melakukan pengaturan estetika taman agar lebih teratur dan tertata,” ujar dia.

Ada pun taman-taman tersebut, tutur Djauhar, antara lain meliputi taman di kawasan Tubagus Angke, Mookevart, Taman Meruya, Taman Salam, dan lain-lain.

Menurut Djauhar, Sudin Pertamanan juga mendengarkan aspirasi masyarakat terkait taman-taman yang akan ditata.

“Kami mencoba mendapatkan aspirasi masyarakat terkait lokasi taman yang akan ditata, selain ada juga usulan dari unit-unit internal,” katanya.

Penataan taman ini, ujar Djauhar, menghabiskan dana sekitar Rp20miliar. Jumlah ini berasal dari dana operasional Sudin Pertamanan yang sudah dianggarkan sejak tahun lalu.

“Dana proyek tersebut telah disetujui oleh DPRD dan mendapat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri,” kata Djauhar.

()

(Andy Abdul Hamid)