Malang, Aktual.com – Pemerintah Kota Malang menelusuri penyebab kematian puluhan domba dan kelinci milik warga, yang terjadi beruntun dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Sri Winarni mengaku, telah berkoordinasi dengan kelurahan setempat serta melakukan kunjungan ke lokasi untuk pemeriksaan fisik dan pengobatan pada ternak yang terluka.

“Untuk mengetahui tipe penggigitan terhadap hewan ternak tersebut, sesuai saran Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, kami akan menunggu hasil laboratorium Balai Veterine Wates Yogyakarta, sebab kasus penggigitan ternak sama dengan yang terjadi di Karangploso Kabupaten Malang,” kata Sri Winarni di Malang, Selasa (19/9).

Selain menunggu hasil laboratoriaum, pihaknya juga melakukan pencegahan dengan melaksanakan sosialisasi pada peternak di sekitar lokasi kematian ternak, untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan terhadap ternak serta melakukan pengobatan pada ternak mereka yang sakit.

Ia mengemukakan, diagnosa sementara kematian ternak (domba dan kelinci) yang terjadi di Kelurahan Tunggulwulung dan Cemoro Kandang di akibatkan luka trauma pada leher dan paha akibat gigitan hewan liar.

(Wisnu)