Jakarta, Aktual.co — Pemerintah Kota Tangerang bersama Majelis Ulama Indonesia akan membuat laboratorium sertifikasi halal.
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Minggu (26/10), mengatakan, laboratorium tersebut nantinya akan membantu pelaku usaha dalam mendapatkan label halal.
Diakuinya, selama ini banyak pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikasi halal terhadap produknya harus pergi ke Serang.
Maka itu, untuk memudahkan dan dalam rangka bagian pelayanan, sekiranya perlu dibuat laboratorium di Kota Tangerang.
“Jadi, pelaku usaha dari Kota Tangerang bisa melakukan sertifikasi halal di wilayahnya dan tidak harus ke Serang karena jaraknya terlalu jauh,” tegasnya.
Arief menambahkan, dengan adanya laboratorium sertifikasi halal maka akan mendorong pertumbuhan jasa dan ekonomi di Kota Tangerang.
Sebab, Pemkot Tangerang akan memberikan peluang bagi warga dalam mengembangkan produk lokalnya dan mendapatkan jaminan sertifikasi halal.
Hal ini pun menjadi bagian dari upaya Kota Tangerang sebagai kota jasa dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di wilayah Banten.
“Sangat banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan warga nantinya bila sudah ada laboratorium tersebut,” tegasnya.
Ketua MUI Kota Tangerang, KH Edi Junaedi, menyambut baik keinginan Wali Kota untuk membuat laboratorium sertifikasi halal.
Pihaknya akan segera melakukan koordinasi dalam rangka mewujudkan hal tersebut dan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga muslim di Kota Tangerang, ujarnya.

()