Kota Bengkulu, Aktual.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyiapkan anggaran dana Rp400 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk program kuliah gratis bagi 100 kepala desa (kades) yang ada di Bengkulu melalui perguruan tinggi negeri (PTN) Universitas Terbuka (UT).

“Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp400 juta untuk program kuliah 100 kepala desa melalui APBD 2023,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu Raden Ahmad Denni di Kota Bengkulu, Ahad (11/12).

Ia menyebutkan bahwa peserta kuliah gratis 100 kades yang berasal dari seluruh wilayah di Bengkulu itu telah ditentukan hingga mendapatkan gelar sarjana atau strata satu (S1).

Saat ini, pihaknya menunggu surat dari Universitas Terbuka (UT) terkait jadwal pelaksanaan perkuliahan tersebut dimulai.

Dijelaskannya bahwa anggaran untuk kades yang dikuliahkan tersebut akan dibayarkan langsung ke Universitas Terbuka sebesar Rp2,8 juta per semester yang berasal dari APBD Provinsi Bengkulu.

Kemudian, kades yang terpilih nantinya akan berkuliah pada angkatan pertama secara daring selama lima semester hingga menamatkan jenjang S1.

Dengan adanya program kuliah gratis untuk kepala desa, katanya, diharapkan dapat membawa dampak yang positif bagi peningkatan sumber daya manusia, khususnya aparatur sipil desa.

“Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas kepala dan seluruh perangkat desa yang ikut program kuliah gratis,” kata Ahmad Denni.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menyiapkan dana sebesar Rp280 juta dari APBD 2022 untuk pelaksanaan kuliah gratis yang seharusnya dilaksanakan pada tahun ini.

Namun, karena belum mendapatkan jadwal perkuliahan dari Universitas Terbuka maka pelaksanaan perkuliahan di mulai pada 2023 dan anggaran tersebut dikembalikan ke kas daerah.

(Antara)

(A. Hilmi)