Jakarta, Aktual.co —Pemprov DKI Jakarta mendapat hibah satu bis gandeng merek Scania Euro 6 dari tiga perusahaan swasta yaitu Wahana Artha Group, PT Saratoga, dan PT Daya Adicipta Mustika. 
Penghibahan bis dilakukan sebagai dukungan atas program Pemprov DKI dalam upaya penambahan bis guna menyosialisasikan pengalihan penggunaan transportasi pribadi ke transportasi massal untuk mengurangi kemacetan.
Acara tersebut dihadiri oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Direktur Wahana Artha Group Robbyanto  Budiman, Presiden Komisaris PT Saratoga Erwin Soeryadjaya, Direktur PT Jaya Adicipta Mustika Krisgiantoro dan Direktur United Tractors Loudy I. Ellias.
Pada acara itu, Ahok mengatakan bahwa dengan hibah dari ketiga perusahaan tersebut, Pemprov DKI dapat sekaligus mengetahui dan bis apa yang bermutu bagus. Sehingga untuk pengadaan bis mendatang dapat membeli bis yang baik mutunya.
“Terima kasih untuk tiga perusahaan. Kita memang modelnya menodong swasta untuk CSR (Corporate Social Responsibility). Jadi kami bisa tahu harganya berapa biar ga di mark up pas kita beli. Karena sebelum ini ga jelas mutu dan harganya,” ujar Ahok di  Lapangan IRTI Monas, Senin (10/11).
Bis Scania merupakan bis dari perusahaan asal Swedia Scania yang berkonsentrasi pada produksi kendaraan komersial seperti truk dan bis. 
Bis Scania Euro F diharapkan dapat mendukung aktivitas warga Jakarta dengan spesifikasi-spesifikasi yang ditawarkan seperti mesin berbahan bakar gas Euro 6 yang kadar NOx-nya rendah sehingga ramah lingkungan, berstandar electonic break system yang untuk keamanan dan kenyamanan. Untuk satu unit bis Scania Euro 6 dibanderol dengan harga Rp 5,8 miliar.

()