Jakarta, Aktual.co —Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI menjamin persediaan bahan pokok di Ibu Kota Jakarta hingga hari raya Lebaran. 
Kepastian didapat setelah Dinas KUMKMP DKI  gelar ‘lelang forward’ di Pulogadung, Jakarta Timur. 
“‎Lelang Forward atau Pasar Lelang yang telah kami gelar bertujuan untuk mempertemukan pihak penjual dan pembeli produk pertanian seperti beras, sayuran, dan buah-buahan,” kata Kepala Dinas KUMKMP DKI Joko Kundaryo, Rabu (3/6).
Tak cuma produsen dari Jakarta, Joko mencatat produsen produk pertanian dari Brebes, Jawa Tengah dan Bandung, Jawa Barat juga ikut dalam skema lelang tersebut. 
“Di Pasar Lelang Forward ini, tawar-menawar dilakukan secara langsung. Termasuk‎ dalam hal pengiriman barang dan pembayaran satu hingga dua bulan ke depan,” ujar dia.
Tercatat, nilai transaksi dari kegiatan lelang tersebut mencapai Rp 8.764.600.000‎. Terdiri dari komoditas beras saigon, beras hitam, beras 64, jeruk maleo asal Sulawesi Selatan, jeruk siam dan kol bulat.
“Melihat dari hasil lelang ini, stok sembako di DKI dijamin tidak akan terjadi kelangkaan, baik selama puasa maupun Lebaran,” ucap dia.
Joko pun mengimbau warga Jakarta tidak  perlu cemas dengan kelangkaan pangan saat Ramadhan hingga Lebaran.
Kebutuhan bahan makanan pokok selama Ramadhan umumnya akan cenderung naik ‎sekitar tujuh persen dari hari biasa. Selama kurun waktu itu, kebutuhan harian bahan pokok beras di Ibukota ‎akan meningkat dari 2.500 ton menjadi 2.700 ton. 

()