Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan modernisasi sarana pengelolaan lingkungan hidup untuk menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018.

Modernisasi tersebut dilakukan melalui penyerahan berbagai sarana modern yang didesain dengan tema Asian Games secara simbolis kepada Suku Dinas Lingkungan Hidup lima kota administrasi di kantor Dinas Lingkungan Hidup, Cililitan, Jakarta Timur, dan turut disaksikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

“Pemprov DKI Jakarta siap menjaga kebersihan Ibu kota untuk menyambut Asian Games 2018 dan kebersihan lingkungan secara keberlanjutan,” kata Sandiaga di kantor Dinas Lingkungan Hidup, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (21/12).

Menurut dia, pengadaan berbagai sarana pengelolaan lingkungan hidup sangat penting untuk dilakukan, bukan hanya untuk menyambut Asian Games 2018, tetapi juga secara terus-menerus atau berkala.

“Kota Jakarta akan menjadi sorotan dunia. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa semua yang datang ke Jakarta dari berbagai negara saat Asian Games 2018 digelar nanti akan melihat Jakarta sebagai kota yang bersih, indah dan nyaman,” ujar Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup, Hari Nugroho menuturkan armada yang dimodernisasi tersebut, antara lain mobil penyapu jalan ukuran besar sebanyak 25 unit dan ukuran kecil sebanyak enam unit serta truk sampah jenis compactor dengan kapasitas lebih dari 10 meter kubik sebanyak 25 unit dan kapasitas 15 meter kubik sebanyak 50 unit.

Kemudian, ada pula “wheel loader” sebanyak lima unit dan gerobak motor sebanyak 1.000 unit untuk menggantikan gerobak tenaga manusia di setiap RW yang ada di Jakarta.

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga melakukan pengadaan berupa 22 bus toilet VIP, yang dua di antaranya didesain khusus sebagai bus toilet bagi penyandang disabilitas. Bus toilet VIP itu memiliki dua kamar dengan kloset duduk, dan dilengkapi dengan pendingin udara, wastafel, genset serta satu tenda otomatis.

“Kami ingin memastikan Jakarta siap menjadi tuan rumah Asian Games. Penyediaan fasilitas toilet yang layak juga demi nama baik negara. Bus toilet itu akan dioperasikan di lokasi-lokasi keramaian masyarakat, seperti car free day, tempat-tempat wisata dan event-event keramaian lainnya,” ungkap Hari.

 

Ant.

()